Beranda > Elektronika, Informasi, Informatika, Mikrokontroller, VB 6.0 > Komunikasi Visual Basic 6.0 dengan Mikrokontroler MCS51 (AT89S4051)

Komunikasi Visual Basic 6.0 dengan Mikrokontroler MCS51 (AT89S4051)

Mudah-mudahan artikel yang saya tulis ini bermanfaat untuk para pembaca….(pengujung), yang sudah PINTER silahkan di tutup saja halaman ini, yang ingin belajar, silahkan di simak baik2….

Kami mengembangkan Modul komunikasi SERIAL yang memanfaatkan microsoft Visual Basic 6.0 dengan Mikrokontroler ATMEL AT89S4051 ( dengan seri yang lain juga bisa )…- karena IC AT89S4051 ini murah dan hemat pin- bila yang di kendalikan sedikit ya mendingan menggunakan IC tersebut….- Untuk Versi USB dalam pengembangan.

Karena PC / Laptop sudah jarang  yang menggunakan port paralel.. ada beberapa konsumen kami yang memesan aplikasi E-TIKET  yang terhubung dengan RFID reader- kemudian dihubungkan dengan Aplikasi Visual Basic 6.0.  nah kali ini kami bahas tentang Demo Pengendali / komunikasi mikrokontroler dengan Visual basic 6.0.

Intinya hanya men- ON – kan rellay yang terhunbung dengan Motor nantinya, perangkat mikrokontroler AT89S4051 tersebut kami tanamkan program pembaca data serial, yang dikirim dari komputer. Setelah data tersebut diterima nantinya mikrokontroler mengirim balik apa yang sudah diterima sebagai ERROR CEK….. ( gak ngerti ya…) hehe..

rangkaian memanfaatkan IC MAX232 dan beberapa komponen pendukung-lihat digambar….

Komunikasi Serial AT89S4051-Visual Basic 6.0

Board dihubungkan dengan Laptop kami ( bisa menggunakan PC )

Visual Basic 6.0 dengan Mikrokontroler MCS51

Visual Basic 6.0 dengan Mikrokontroler MCS51

Tampilan Software nya….

Visual Basic 6.0 dengan Mikrokontroler MCS51

Visual Basic 6.0 dengan Mikrokontroler MCS51

gambar diatas  – menunjukkan Software yang kami buat sudah terhubung dengan rangkaian, dengan status Connected..

Komunikasi Visual Basic 6.0 dengan Mikrokontroler MCS51 (AT89S4051)

Komunikasi Visual Basic 6.0 dengan Mikrokontroler MCS51 (AT89S4051)

Visual Basic 6.0 dengan Mikrokontroler MCS51

Visual Basic 6.0 dengan Mikrokontroler MCS51

Dilengkapi pengaturan Com-Port untuk menyesuaikan dengan port komputer yang dipakai, bila menggunkan USB to Serial dapat disesuaikan dengan port yang terdeteksi pada hardware mangement-di komputer anda.

Untuk Versi yang USB – dalam proses perakitan…. tunggu artikel berikutnya…..

Nah – banyak yang bertanya untuk apa saja manfaat aplikasi ini….?

1. Pengendali pintu parkir dengan RFID ( yang nantinya software vb 6.0 dimodifikasi dikit ) dihubungkan dengan RFID USB karena RFID tersebut cara pembacaannya mirip dengan Barcode Reader – sama2 deteksi seperti keyboard usb. hanya BEDA  di perangkatnya saja, untuk Barcode pembacaannya menggunakan sinar yang dipantulkan pada kartu barcode, namun RFID menggunakan kumparan yang ditanam pada kartu dan dibaca Identitasnya menggunakan RFID Reader. mudah khan…. hehe

2. Pengendali lampu AC 220 volt,

3. banyak lagi Aplikasi yang dapat dikembangkan dengan memanfaatkan modul komunikasi serial tersebut….

Ingin demonya….. kunjungi  http://laros-edu.net

  1. September 21, 2012 pukul 8:41 am

    Gan, saya cekin di Kaskus, nemuin web Agan dari

    http://www.kaskus.co.id/showpost.php?p=63080232&postcount=38

    Thanks ya,,,tapi saya jadi suka ama tutor di atas, itu Agan punya USB2serial ya? Dapet dari mana? Boleh dong nitip kalo Agan bersedia bantu,…

    Sekedar info saja, dikaskus saya bernama asanoer juga Gan, tolong saya dibantu ya Gan,,,

    Thanks…

  2. September 21, 2012 pukul 8:42 am
  3. Bagus Wicaksono
    Februari 11, 2013 pukul 6:19 am

    boleh minta/copy sourcecodenya mas ibnu untuk VB nya dan mikrokontrollernya….
    Terims…

  4. Alie
    Maret 22, 2013 pukul 1:49 pm

    mnta bantuanya mas,saya mau bikin hanphone seagai kontrol jarak jauh untuk perangkat listrik rumah..
    mohon petunjuknya mas,
    pm jemekite.kinal@gmail.com
    thx’s

    • Maret 22, 2013 pukul 3:01 pm

      Terimaksih sudh bersedia mampir,sya pernah punya. Mencoba apllikasi kontrol alat dari ponsel via sms,sya cari file di hdd kompi lama nanti klo dah ketemu ssya uplod gratis….tlg ingetin saya ya….

    • Maret 25, 2013 pukul 5:44 am

      mohon kunjungi laros-edu.net, silahkan di unduh gratis

      • Agustus 1, 2013 pukul 7:46 am

        Katanya gratis, saya cek ke website, kenapa harus bayar 100ribu ya?😦

      • Agustus 24, 2013 pukul 2:07 pm

        hehehe….. mau yg mana bro ada berbayar ada yg gratis

      • Desember 23, 2013 pukul 9:58 am

        ibnubudir :
        hehehe….. mau yg mana bro ada berbayar ada yg gratis

        Sorry,,, buat bacanya Gan,, harus bayar dulu…

  5. Agustus 21, 2014 pukul 5:58 pm

    pa ibnu biasanya PIC

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: